Ciri Khas Budaya Thailand

Ciri Khas Budaya Thailand

Ciri Khas Budaya Thailand  – Untuk kamu yang mempunyai berbagao gagasan untuk berkunjung tempat rekreasi di Negeri Gajah Putih.

Seharusnya kamu dalami dahulu beberapa macam budaya Thailand. Walau sekarang ini Thailand menjadi negara yang kekinian, karena ekonomi Thailand makin lebih baik.

Ciri khas Budaya Thailand yang Harus Kamu Tahu saat sebelum Bertandang

Membuat semua di Thailand telah serba hebat terutamanya di beberapa kota besar. Tapi mereka masih menjaga keunikan budaya yang turun-temurun dari leluhur mereka.

Baca Juga: Bukti Tidak Ada Jam di Hotel

Dan karena letak Thailand yang dikitari oleh beberapa negara lain, karena itu tidaklah aneh jika kebudayaan Thailand dikuasai oleh budaya dari Kamboja, China, India, dan beberapa negara tetangga lain di Asia Tenggara. Saat kamu berekreasi ke Thailand, kamu akan otomatis belajar dan mengenali berkenaan budaya Thailand. Apa lagi saat kamu bertandang ke kuil-kuilnya.

Budaya ialah satu langkah hidup yang berkembang dan dipunyai bersama oleh sebuah barisan orang dan diturunkan dari angkatan ke angkatan. Budaya sebagai sisi tidak dipisahkan dari diri manusia hingga beberapa orang yang condong menganggap diturunkan secara genetis. Dan tiap nnegara mempunyai bermacam budaya dan mempunyai keunikan semasing.

Salah satunya negara Asia Tenggara yang mempunyai budaya temurun dari leluhur mereka yaitu negara Thailand. Berikut sejumlah jenis budaya Thailand sebagai keunikan negara Gajah Putih ini dan yang memikat perhatian beberapa pelancong bertandang ke negara sana.

Budaya ialah satu langkah hidup yang berkembang dan dipunyai bersama oleh sebuah barisan orang dan diturunkan dari angkatan ke angkatan. Budaya sebagai sisi tidak dipisahkan dari diri manusia hingga beberapa orang yang condong menganggap diturunkan secara genetis. Dan tiap nnegara mempunyai bermacam budaya dan mempunyai keunikan semasing.

Salah satunya negara Asia Tenggara yang mempunyai budaya temurun dari leluhur mereka yaitu negara Thailand. Berikut sejumlah jenis budaya Thailand sebagai keunikan negara Gajah Putih ini dan yang memikat perhatian beberapa pelancong bertandang ke negara sana.

Ciri Khas Budaya Thailand Berpedoman keyakinan atau agama secara kental

Thailand adalah negara yang dikenali dengan negara Buddha, karena seputar 94% dari warganya beragama Buddha Theravada, selanjutnya diikuti dengan Muslim yakni seputar 4,8%, Kristiani seputar 0,7%. lalu 0,5% lainnya.

Karena itu tidaklah aneh bila Biksu disitu benar-benar disegani bahkan juga hidupnya ditanggung oleh pemerintahan Thailand. Agama Buddha Theravada sendiri yakin dengan budaya-budaya tradisionil seperti beberapa roh beberapa nenek moyang selanjutnya beberapa roh dari alam, yang dimasukkan dalam kosmologi Buddha. Untuk warga Thailand yang beragama buddha umumnya berdoa di kuil-kuil, diantaranya ialah Wat Phra Kaew.

Bahkan juga mereka mempersiapkan hidangan-sajian berbentuk minuman dan makanan untuk beberapa roh di dalam rumah mereka, karena mereka percaya jika ada beberapa roh yang hidup dan jaga rumah mereka.

Sama mereka memberi persembahan ke beberapa roh, mereka percaya hal itu akan membuat kehidupan mereka jadi lebih baik dan bawa peruntungan untuk hidup mereka. Kebalikannya dengan bila mereka membuat beberapa roh tidak suka, karena itu kehidupan mereka bisa menjadi kacau-balau.

Sebagian besar agama di Thailand ialah agama Theravada Buddha dengan minoritas dari Muslim, Kristen, dan agama yang lain. Buddhisme di Thailand benar-benar dikuasai oleh keyakinan tradisionil berkenaan arwah nenek moyang dan arwah alam.

Hal mistik tetapi unik yang dapat ditemui di beberapa tempat umum dan di jalanan Thailand yaitu beberapa rumah kayu miniatur yang ditujukan sebagai tempat arwah rumah tangga hidup.

Rumah miniatur ini diberi persembahan minuman dan makanan untuk bikin beberapa roh suka karena menurut kepercayaan mereka bila beberapa arwah tidak berbahagia, karena itu beberapa arwah dapat menyebabkan kehidupan mereka terusik.

Wai atau perkataan penyambutan

Jika kamu berekreasi ke Thailand, tentu kamu akan kerap menyaksikan beberapa orang rapatkan ke-2 telapak tangannya di muka dada sekalian membungkuk. Itu adalah keunikan Thailand saat memberi salam, umumnya orang Thailand mengatakan dengan Wai.

Saat kamu berjumpa sama orang Thailand atau menyampaikan terima kasih, kamu dapat mengaplikasikan Wai ini dan kamu dapat rasakan rasanya seperti warga lokal. Wai ini sendiri menjadi keunikan dari warga Thailand yang telah dijumpai oleh warga dunia.

Perkataan penyambutan di Thailand ialah kode yang disebutkan ‘’Wai” yang pergerakannya serupa dengan pergerakan sembahyang (ke-2 iris tangan ditangkupkan).

Ada dua tipe wai yang wajar dipraktikkan, pertama wai yang dilaksanakan dengan menangkupkan ke-2 telapak tangan di muka dada dan kepala sedikit merunduk di depan, lalu dituruti perkataan selamat tiba, terima kasih, atau perkataan maaf.

Selain itu Wai yang ke-2 dilaksanakan dengan menangkupkan ke-2 telapak tangan selanjutnya lekatkan ke-2 ujung ibu jemari di dahi pas antara titik jumpa alis di atas hidung, dituruti dengan bungkukkan tubuh.

Wai tipe ini tidak dituruti dengan perkataan apa saja baik terima kasih, selamat tiba, atau maaf. Wai tipe ke-2 ini cuman diperuntukkan ke rahib Buddha.

Suku Thailand

Suku Karen atau Kayin sebagai suku di Thailand yang menetap di propinsi Mae Hong Son di rimba pedalaman. Selain itu Suku ini mempunyai adat unik karena mereka kenakan cincin kawat kuningan yang dililit di leher dan membuat leher mereka jadi panjang.

Mereka benar-benar memercayai jika beberapa wanita suku ini ialah turunan dari burung phoenix yang berleher panjang, karena itu karena pengetahuan dogma itu mereka memanjangkan leher supaya seperti burung phoenix.

Suku Karen yakini jika makin banyak kalung yang dililit dileher mereka akan makin menambahkan kecantikannya. Sesungguhnya suku ini berawal dari Tibet yang selanjutnya menebar ke Myanmar dan ke Thailand.

Tradisi pernikahan Thailand

Acara pernikahan menurut budaya Thailand bisa juga disebutkan unik, prosesinya seperti tuntunan dalam agama sebagian besar di negara ini. Diantaranya pasangan pengantin akan kenakan serangkaian bunga yang ke-2 nya sama-sama tersambung di kepala masing-masing mempelai.

Hal unik yang lain yaitu interval waktu tunangan dengan acara pernikahan berjalan cepat sekali, cuman berlalu beberapa saat dari acara pertunangan. Bila pertunangan dilaksanakan pada pagi hari, karena itu saat malam harinya akan dilaksanakan acara pesta pernikahan.

Thailand mempunyai bermacam perayaan atau festival

Festival ini umumnya dirayakan di Phuket, dan mempunyai nama lain Phuket Vegetarian Festival. Umumnya diselenggarakan tiap akhir september s/d awalnya Oktober. Warga etnis China di Phuket akan jalankan ritus vegetarian atau mungkin tidak mengonsumsi daging sepanjang 10 hari. Bukan hanya hanya itu, kamu bisa juga menyaksikan arak-arakan atau pawai di mana bakal ada beberapa orang sisi dari pawai lakukan penganiayaan pada diri sendiri dengan menusuk-nusukan benda runcing di pipi mereka.

Tetapi tenang saja, mereka yakin jika hal itu benar-benar tidak sakit karena mereka sedang bawa dewa Tao. Mereka yakin jika darah yang mengucur dapat bersihkan jiwa mereka. Dengan diawali menyembah agama dan menyaksikan atraksi budaya Thailand di kuil-kuil China di Phuket. Untuk menikmat festival ini sendiri benar-benar tidak diambil ongkos,

Thailand mempunyai beberapa festival yang unik bahkan juga mengundang perhatian dunia. Hingga menarik banyak pelancong yang ingin bertandang di saat perayaan di negara ini. Salah satunya yaitu Festival Songkran yang disebut perayaan menyongsong tahun baru tradisionil Thailand. Salah satunya aktivitas dalam festival ini kumpulkan seluruh orang dalam aktivitas perang air bahkan juga festival ini jadi festival air paling besar di dunia.

Perayaan yang lain Loy Krathong Festival. Adat pada festival ini ialah tiap masyarakat membuat Krathong (kerangjang hias). Dibuat dari daun pisang dengan dihias lilin dan bunga-bunga fresh selanjutnya Krathong dihanyutkan di sungai, kolam atau di danau.

Masihlah ada perayaan yang lain seperti Kin Jay Festival yang dilaksanakan oleh warga local etnis China. Hingga bila ingin berlibur ke negara ini, sebaiknya tiba ketika perayaan mereka.

Itu 5 keunikan budaya Thailand yang harus kamu kenali saat sebelum bertandang ke negara ini. Unik dan sarat dengan nuansa tradiosional ya!